Manusia Sama Dengan Monyet?

MENGGENGGAM MASALAH.
(Copy Paste dari WA)
Di Afrika, ada sebuah teknik yg unik utk berburu monyet di hutan Afrika. Si pemburu menangkap monyet dalam keadaan hidup2 tanpa hrs menggunakan senapan & obat bius. 
Cara menangkapnya sederhana saja. pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang & sempit. Toples itu diisi kacang yg tlh diberi aroma utk  mengundang monyet2 dtg. Setelah diisi kacang, toples2 itu ditanam dalam tanah dgn menyisakan mulut toples dibiarkan tanpa tutup. 
Para pemburu melakukannya disore hari. Besoknya, mereka tingal meringkus monyet2 yg tangannya terjebak didlm botol tak bisa dikeluarkan. Kok, bisa ?
Monyet2 itu tertarik pada aroma yg keluar dari setiap toples. Mereka mengamati lalu memasukkan tangan utk mengambil kacang2 yg ada di dalam. Tapi karena menggenggam kacang, monyet2 itu tdk bisa menarik keluar tangannya. Selama mempertahankan kacang2 itu, selama itu pula mereka terjebak. 
Toples itu terlalu berat untuk diangkat. Jadi, monyet2 itu tdk akan dapat pergi ke-mana2!
Mungkin kita akan tertawa melihat tingkah bodoh monyet2 itu. Tapi, tanpa sadar sebenarnya banyak manusia melakukan hal yg sama spt monyet2 itu. 
Mereka mengambil dan mengenggam dunia ini sebanyak2nya, menyeret mereka dalam kerakusan dan ketamakan. Tak sadar bahwa ketamakannya itu telah menjebaknya dalam lubang permasalahan yg berat, tak sedikit yg terseret dlm penjara, bahkan banyak pula yg kehilangan nyawa  saling berbunuh2an krn harta dunia.. layaknya monyet mengenggam kacang.
Andai saja monyet itu mengambil sedikit2  kacang itu dan memakannya tentulah dia ada selamat dan menikmati kacangnya..tapi ketamakannyalah yg membuat tangannya terjebak dalam lobang hingga bisa jadi dia mati menggenggam kacang. Dan tragisnya dia bahkan tidak sempat merasakan kacang itu..
Andai saja manusia itu tidak tamak, mengambil dunia hanya sekadarnya saja..secukup utk bekal beribadah tentu akan selamat. Tidak terjebak pada penyakit hubbud dunya.
Banyak para salafus shaleh dahulu memberi contoh utk mengambil dunia itu hanya sekedar bisa menegakkan tulang punggungnya utk berdiri beribadah dgnya..
Semoga Bermanfaat… selamat  beraktifitas jangan lupa baca basmallah agar aktifitas kita jadi ibadah dan diridhoi Allah SWT
 آمِيّنْ… آَمِيّـٍـِـنْ… آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *