Categories
Tulisan

Cara Optimasi Bio Link Instagram

Penyedia layanan Bio Link Instagram mudahkan akun bisnis, kreator, atau personal optimasi 1 slot URL bio. Selengkapnya baca Cara Optimasi Bio Link Instagram

Siapa yang tidak kenal Instagram? Layanan sosial media yang penggunanya terus tumbuh apalagi setelah diakuisisi oleh facebook beberapa tahun silam. Berbagi konten berupa foto dan video menjadi trend kekinian. Meski demikian, ada hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna Instagram. Berikut sedikit ulasan tentang cara mengoptimasi Bio Link Instagram.

Cara Optimasi Bio Link Instagram
image by Geralt from pixabay

Kebanyakan pemain instagram, dan mungkin salah satunya Anda sebagai pemilik akun bisnis, kreator, maupun personal mengetahui keberadaan slot URL di instagram yang dibatasi satu saja. Karenanya, diperlukan layanan jasa pihak ketiga agar dapat lebih optimal dalam penggunaannya.

Sejak beberapa waktu belakangan, muncul aneka layanan pemampat link. Setidaknya bisa kita lihat seperti:

  1. Linktr.ee
  2. Lnk.bii
  3. Simpellink.com
  4. Checks My ID, dan lainnya

Dua penyedia awalan adalah layanan pihak ketiga dari luar negeri, sementara dua terakhir karya anak bangsa. Semuanya sama, memberikan layanan memampatkan banyak link dalam satu link. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, baik untuk semua paket maupun untuk layanan tertentu sebagai cara mengoptimasi Bio Link Instagram penggunanya.

Keberadaan penyedia jasa seperti disebutkan di atas, membantu banyak orang yang kesulitan menampilkan aneka link dalam waktu yang bersamaan. Mereka membantu agar Anda bisa menampilkan satu link, namun ketika di klik maka akan muncul opsi link lainnya. misal Link chat ke WA, link sosmed, Website, Online Shop, bahkan pada salah satu penyedia, tidak hanya link namun juga bisa menampilkan video, tampilan kustom, penyematan pixel FB / Google Tag Manager, dan lainnya.

Digital Marketing Optimasi Bio Link Instagram
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Bagi pengguna pribadi biasanya tidak terlalu mempermasalahkan tentang fitur pixel atau GTM, mereka akan ambil layanan gratis. Karena tidak perlu lagi menyediakan hosting, domain, theme, dan kebutuhan lain selayaknya pembuatan website secara normalnya. Meski pada skala tertentu, mereka akan upgrade ke layanan premium agar bisa meningkatkan interaksi, bahkan penjualan. Karena bagaimanapun cara ini adalah salah satu cara mengoptimasi Bio Link Instagram.

Tapi bagi yang mengedepankan pengenalan Brand diri/produknya, biasanya akan mengutamakan penggunaan domain sendiri. Baik hanya sebagai profile page, contact page, seller page, atau costumer service page. Apalagi kalau biayanya juga terjangkau jika dikomparasi dengan penggunaan layanan pihak ketiga. Syaratnya hanya memiliki domain dan hosting sendiri, karena menggunakan nama Brand/produk miliknya sendiri.

Untuk pembuatan di layanan pihak ketiga, sepertinya sudah biasa ya. Sehingga tidak diulas pada tulisan ini. Kalaupun belum pernah, bisa langsung akses website penyedianya baik yang gratisan maupun berbayar. Boleh yang dari luar negeri, tapi baiknya mendukung buatan anak bangsa sendiri. Pilihan ada ditangan Anda.

Khusus yang buatan anak bangsa, pembuatan simpellink bisa chat penulis agar bisa dibantu buatkan dengan biaya yang sangat terjangkau; CHAT WA KLIK DI SINI. Anda akan mendapatkan Bio Link dengan url seperti berikut: simpellink.com/NamaAnda atau simpellink.com/BisnisAnda. Hal yang perlu Anda siapkan hanyalah foto, nama tampilan link, dan link yang akan dituju ketika “nama tampilan link” di klik pengunjung.

Sementara layanan Checks My ID bisa mandiri dilakukan, karena sepenuhnya dashboard editor ada dalam pengelolaan Anda. Selain itu juga sudah tersedia tutorial yang dibagi dalam beberapa video ringkas dan padat. Selebihnya bisa ditanyakan ke support jika ada kendala. Anda akan mendapatkan url seperti berikut: checks.my.id/NamaAnda atau checks.my.id/BisnisAnda.

Beda Checks My ID dengan layanan lainnya adalah: tidak hanya memampatkan link namun juga bisa menampilkan video, tampilan dapat di kustom baik warna, layout, foto, dan lainnya. Silakan lihat penampakan perbedaan (saat diakses dengan Smartphone, PC/Laptop, dan Tablet) antara Checks My ID dengan layanan lainnya.

Tampilan Bio Link Instagram versi flat
Tampilan Bio Link Instagram versi flat
Tampilan Bio Link Instagram versi Checks My ID
Tampilan Bio Link Instagram versi Checks My ID

 

Lalu, bagaimana untuk membuat di domain Brand/Produk sendiri?

Seperti dijelaskan di atas, bahwa untuk menerapkan di domain sendiri perlu dukungan hosting (selfhosted). Selain itu juga perlu beberapa sumberdaya agar website bisa live dan diakses banyak orang. Sebagai catatan, tulisan ini fokus pada website dengan CMS WP sebagai mesinnya.

Jika Anda telah memiliki website dengan spesifikasi di atas, maka Anda bisa memesan layanan yang disediakan oleh ContactMe Pro (silakan di klik, tak ada link affiliasi). Anda akan mendapatkan satu paket layanan pembuatan profile page yang dapat difungsikan seperti halnya layanan pemampat link di atas. Isi paket terdiri atas:

  1. Produk template
  2. Tutorial Video
  3. Sales Page & E-Cover (untuk monetisasi)
  4. Lisensi

Sebagai informasi, produk yang disediakan oleh ContactMe Pro adalah produk yang sama yang digunakan dalam layanan Checks My ID. Sehingga, untuk Anda yang masih ragu menerapkannya di website sendiri bisa mencoba dengan mendaftar di Checks My ID, agar terbiasa dengan pola dan penggunaannya.

Lalu penulis menggunakan yang mana? Saat ini penulis menggunakan layanan di Checks My ID, coba follow akun ig saya di https://www.instagram.com/rulimargianto/ dan klik Link Bio saya.

Tampilan Bio Link Instagram Ruli Margianto versi Checks My ID
Tampilan Bio Link Instagram Ruli Margianto versi Checks My ID

Oke, itu sedikit tulisan tentang cara mengoptimasi Bio Link Instagram. Semoga bermanfaat, dan bantu share ya, terimakasih

By RM

Ruli Margianto | Advocate | Legal & Digital Consultant | Email: contact@rulimargianto.com | Chat: https://rulimargianto.com/wa